Jumat, 27 Agustus 2010

Hal yang harus diperhatikan dalam meresensi

1. Data buku atau identitas buku

a. Judul buku. Jika buku yang akan kamu resensi adalah buku terjemahan, akan lebih baik jika kamu menuliskan judul asli buku tersebut.

b. Penulis atau pengarang. Jika buku yang diresensi adalah buku terjemahan, kamu harus menyebutkan penulis buku asli dan penerjemah.

c. Nama penerbit

d. Cetakan dan tahun terbit

e. Tebal buku dan jumlah halaman

2. Judul Resensi. Judul resensi boleh sama dengan judul buku, tetapi tetap dalam konteks buku itu.

3. Rangkuman Isi Buku
Dalam meresensi buku, seorang peresensi harus menulis buku yang hendak diresensi. Ingat..!! Rangkuman bukan Ikhtisar. Lihat Pengertian Rangkuman dan Ikhtisar. Ada pun untuk merangkum diperlukan untuk memperhatikan hal sebagai berikut:


a. Membaca naskah/buku asli. Penulis  harus membaca buku asli secara keseluruhan untuk mengetahui gambaran umum, maksud, dan sudut pandang pengarang.

b. Mencatat gagasan pokok dan isi pokok setiap bab

c. Membuat reproduksi atau menulis kembali gagasan yang dianggap penting ke dalam karangan singkat yang mempunyai satu kesatuan yang padu.

4. Kelebihan dan Kekurangan Buku. Penulis resensi harus memberikan penilaian mengenai kelebihan dan kelemahan buku yang disertai dengan ulasan secara objektif.

5. Kesimpulan. Penulis resensi harus mengemukakan apa yang diperolehnya dari buku yang diresensi dan imbauan kepada pembaca. Jangan lupa cantumkan nama kamu selaku peresensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar