Selasa, 10 Agustus 2010

Protagonis

Protagonis dari protagonistes πρωταγωνιστής Yunani, "orang yang memainkan bagian pertama, Chief of actor" adalah tokoh utama (tokoh sentral pribadi atau utama) dari sebuah, sastra teater, permainan sinematik, video, atau musik narasi, Dimaksudkan untuk mengetahui dimana audiens paling berempati pada karakter mana dalam sebuah cerita. Dalam teater Yunani Kuno, tiga aktor memainkan semua peran dramatis utama dalam Scene; peran utama dimainkan oleh pemeran utama, sedangkan peranan lain dimainkan oleh deuteragonist dan tritagonist tersebut.

Istilah protagonis didefinisikan sebagai tokoh utama dan pahlawan adalah. Dalam fiksi, kisah protagonis dapat diceritakan dari segi perspektif karakter yang berbeda. Seringkali, protagonis dalam narasi juga orang yang sama sebagai karakter fokus, meskipun kedua istilah ini berbeda. Kegembiraan dan intrik sendiri adalah apa penonton merasa menuju karakter fokus, sedangkan rasa empati tentangnya/dia merupakan tujuan dan emosi penonton yang merasa ke protagonis. Dia sering disebut sebagai "good guy." Namun, sangatlah mungkin untuk protagonis cerita ini dengan jelas menjadi penjahat, atau antihero, dari lembaran, seperti terbukti dengan karakter seperti Vic Mackey (dari The Shield), Tony Soprano (The Sopranos), Walter Putih (Breaking Bad) dan Zim (Invader Zim)

Lawan utama protagonis adalah tokoh dikenal sebagai antagonis, yang mewakili atau menciptakan kendala yang protagonis harus diatasi. Seperti protagonis, mungkin ada lebih dari satu antagonis dalam sebuah cerita. Antagonis juga kadang-kadang dapat benar-benar menjadi pahlawan, seperti The Shield petugas Urusan Internal, dan agen FBI, petugas polisi dari The Sopranos dan DIB (Invader Zim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar